selisik_batik.png

Di Balik Layar

Menyelisik tradisi batik, wartawan Kompas melakukan liputan untuk mengungkap kisah-kisah di balik kerajinan batik di Nusantara. Perjalanan tim Selisik Batik ke sejumlah tempat di Tanah Air selalu menyisakan kisah-kisah menarik, sekaligus unik.

bab1aThumb.jpg

Terpanah Batik di Pulau Seribu Masjid

Melangkahkan kaki di Pulau Madura menjadi pengalaman yang sulit dilupakan. Terutama bagi sebagian di antara anggota Tim Selisik Batik Madura yang baru pertama kali berjumpa dengan Madura.

bab2aThumb.jpg

Tarikan Batik Batang-Pekalongan

Minimnya literatur atau penelitian komprehensif mengenai batik, termasuk batik batang, menjadi kendala tersendiri. Namun, keinginan untuk mengangkat batik batang membuat kami menikmati suka duka proses yang harus dilalui.

bab3aThumb.jpg

Jerat Batik dan Lawasan di Pesisir Utara Jawa

Belajar dari pengalaman di Lasem, teman kami yang mengklaim sebagai ahli spiritual berpesan, bila berkunjung ke tempat baru, jangan lupa untuk permisi. Jangan asal jeprat-jepret ambil gambar dan main masuk tanpa kulonuwun.

bab4aThumb.jpg

Berjuta Kenangan Lebaran

Lebaran selalu menjadi momentum istimewa. Namun, mungkin baru kali ini kami justru terfokus meliput batik pada saat seluruh media massa tersedot pada arus mudik dan balik Lebaran.

bab5aThumb.jpg

Romantisme di Kota Tua

Mengunjungi kota tua Purwokerto yang merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas sekaligus menjadi perjalanan nostalgia. Penuh kisah, setiap langkah peliputan Selisik Batik selalu meninggalkan cerita manis masa kini hingga kisah lampau...

bab6aThumb.jpg

Liputan Berujung ”Dagang” Batik

Sepulang dari menelisik batik ke tiga kota di Jawa Barat, yaitu Ciamis, Tasikmalaya, dan Garut, tim selisik Batik Priangan menggelar pasar kaget batik di kantor. Liputan batik pun berujung dagang batik.

bab7aThumb.jpg

Menyelami Batik di Tanah Sumatera

Batik jambi dan bengkulu menjadi pilihan sebagai perwakilan potret batik di luar Pulau Jawa. Jadwal keberangkatan ke Sumatera bersamaan dengan awal Ramadhan sehingga relatif tidak ditemukan kegiatan seni budaya di sana untuk melihat pemakaian batik pada seni dan kostum tradisi.

bab8aThumb.jpg

Beriang-riang di Tuban

Salah satu hal paling berarti dalam setiap perjalanan adalah mengatasi ketidaknyamanan menuju keriangan. Itu pula yang kami alami sewaktu meliput selisik batik di Tuban, Jaw Timur, awal Agustus lalu.

bab9aThumb.jpg

Kesasar di Kota Bekasi...

Meski hanya liputan di seputaran Jakarta, ternyata tim liputan batik Betawi menemui tantangan yang membutuhkan energi besar. Bahkan, tim peliput kesasar di Kota Bekasi sewaktu hendak menuju lokasi pembatik.

bab10aThumb.jpg

Mendadak Kolektor Batik

Selisik Batik Kompas di Yogyakarta dan Surakarta pada penghujung rangkaian liputan selisik batik terpusat untuk menelisik keagungan batik di keraton-keratonnya. Seiring rangkaian meliput batik di banyak lokasi, kecintaan pada batik pun kian bertumbuh.

Kerabat Kerja

Tim Ekspedisi

Penanggung Jawab
Indira Permanasari
Penulis
Indira Permanasari, Mawar Kusuma, Sri Rejeki, Dwi A Setianingsih, Wisnu Dewabrata, M Hilmi Faiq, Aryo Wisanggeni G, Fransisca Romana N, Sarie Febriane, Cornelius Helmy H, Haris Firdaus, Bambang Sigap S, B Joshie Susilo H, Fabio Maria L
Fotografer/Videografer
Eddy Hasby, Danial AK, Bahana Patria G, Rony Ariyanto N, Wawan Prabowo, Hendra Agus S, Lucky Pransiska, Agus Susanto, Totok Wijayanto, Riza Fathoni
Peneliti
Arita Nugraheni, Krishna Panolih, Nurul Fatchiati, Bima Baskara, Yohan Wahyu, Topan Yuniarto, Umi Kulsum, MB Dewi Pancawati, Ayu Siantoro, M Puteri Rosalina, Ida Ayu GS, Sidik Arifianto, Santi Agustina, MG Retno Setyowati, C13, Palupi Panca A, Ratna Sri W, Sugihandari, Sultani, BE Julianery
Artis Infografik
Pandu Lazuardy, Dimas Tri A, Novan Nugrahadi, Parlindungan Siregar, Luhur Arsiyanto

Tim Multimedia

Produser
Prasetyo Eko Prihananto
Desainer/Pengembang
Yosef Yudha W, Reza Fikri A, Elga Yuda P, Rafni Amanda

Edisi Lainnya